free html web templates

PAKET LESSON PLAN  (PLP) 

PLP adalah metode tertentu yg di jalankan di FQ Plus untuk mata pelajaran tahfizh dan IT. masing-masing PLP memiliki cara pengajaran, timeline, dan rules yang berbeda satu sama lain.

Sampai tahun ajaran 2017-2018 terdapat 9 PLP di bidang tahfizh dan 4 PLP di bidang IT.

PLP 0 Pra Tahfizh

Diperuntukkan bagi santri yang belum memiliki reflek baca yang baik dan menghafal dengan cara di talkin. Walau fokusnya di perbaikan baca, namun tetap diberi beban dan target menghafal, besaran target hafalannya disesuaikan dengan progresnya. Santri yang sudah mengalami perbaikan yang cukup, maka akan dialihkan ke PLP lain.

PLP 1 Tahfizh

Targetnya adalah hafal ayat dan hafal nomor ayat. Menghafal dengan system cluster (group). PLP ini sesuai untuk santri yang motivasi menghafalnya belum cukup tangguh (salah satu ciri nya ; kalau tidak di awasi tidak melakukan aktivitas menghafal). PLP ini juga cocok untuk santri yg daya hafalnya lambat. PLP ini cocok untuk santri yang memiliki dominasi gaya belajar auditory dan kinestetis tapi lemah di gaya belajar visualnya. PLP ini tepat untuk typikal anak yang menyenangi aktivitas sosial (bukan pendiam) yang akan lebih semangat dengan cara belajar bersama (bareng2/meriah).

PLP 2 Tahfizh

Targetnya adalah hafal ayat, hafal nomor ayat, hafal terjemah, dan tafsir ringkas. PLP ini menghafal dengan system cluster (group). PLP ini tepat untuk santri yang gemar menganalisa, memiliki curiosity yang besar, bagus dalam mengolah kata, hoby diskusi, dan gemar ber-publik speaking. Namun tahun ini, khusus di PLP 2 ini atas pertimbangan tertentu, kami memasukkan beberapa nama yang sebetulnya diluar atau belum memenuhi semua parameter tadi. salah satu alasannya adalah ; untuk menjalankan rumusan treatment baru, kami berharap bisa berhasil.

PLP 3 Tahfizh

Targetnya adalah hafal dengan cepat. PLP ini menghafal dengan system SSMT (sabak. Sabki. Manzil. Tilawah). PLP ini untuk santri yang motivasi menghafalnya sudah kuat, memiliki keinginan untuk cepat menyelesaikan hafalan. PLP ini cocok untuk mereka yg senang menghafal secara mandiri, dikepung kesunyian, dan cenderung agak pendiam (menyukai kesendirian/tidak suka keramaian/gerombolan).

PLP 4 Tahfizh

Targetnya adalah hafal ayat dan mampu melagukan bacaan Quran secara benar dan indah (Naghamul Quran). Menghafal dengan system modifikasi SSMT (sabak. Sabki. Manzil. Tilawah). PLP ini membidik santri bersuara indah.

PLP 5 Inkubasi Tahfizh

Targetnya menyelesaikan hafalan Ziyadah 30 Juz. menghafal dengan system inkubasi intensif, murajaah jauh dan murajaah dekat dengan suasana terisolir (terpisah dari santri yang lain & tdk belajar mapel yang lain). PLP ini untuk santri yang memiliki komitment yang besar untuk segera menyelesaikan hafalan, sehingga disisa masa belajar mereka tinggal memurajaahnya. PLP ini tepat untuk santri yang menghindari tekanan yang besar di multitasking, mereka ingin segera menyelesaikan hafalan dahulu, sehingga disisa masa belajar mereka di FQ Plus, mereka memiliki energi lebih besar untuk bidang IT dan Mapel lain. Peserta PLP 5 Inkubasi apabila lulus, akan masuk ke PLP Sisus (2 Bulan), setelah itu ke PLP Bahasa (3 Bulan), apabila lulus akan berangkat ke Mesir untuk mengikuti program Sanad.

PLP 6 QCB Tahfizh

PLP ini diperuntukkan bagi santri dengan kemampuan oratoris yang tinggi, dan memiliki ketajaman analisa yang baik. targetnya menghafal Ayat-ayat QCB (252 Ayat) beserta arti dan tafsir ringkasnya, sesuai dengan tema-tema di dalam pelajaran Quran Character Building (QCB).

PLP Bahasa

PLP ini diperuntukkan bagi santri-PLP ini menerima santri yang lulus dari PLP 5 Inkubasi, agendanya adalah belajar full selama 3 bulan hanya bahasa Arab saja, sebagai persiapan untuk berangkat ke Mesir untuk Program Sanad.

PLP 911

Terkadang santri mengalami stuck/penurunan gairah belajar/menghafal Al-Quran. Masa futur ini harus segera diatasi, PLP 911 diperuntukkan bagi santri yang mengalami masalah seperti ini. di setiap tengah semester dewan guru akan menentukan siapa saja santri yang harus 'sejenak' memasuki PLP ini.