Mobirise alternative


PROGRAM BELAJAR

Bidang kajian Pesantren Fahim Quran Plus meliputi ilmu-ilmu yang dibutuhkan di dua dimensi ; Akhirat dan Dunia, sesuai dengan tujuan besarnya ;  "Mulia di Akhirat dengan meghafal Al-Quran & mulia di dunia dengan bisnis dan dakwah"

TAHFIZHUL QURAN

Tahfizhul Quran adalah kegiatan menghafal Al-Quran dengan target 30 Juz mutqin. Fahim Quran Plus membuat dan menerapkan berbagai strategi, pola, dan metode menghafal yang berbeda-beda, kami menyebut nya dengan ‘Paket Lesson Plan (PLP).

Strategi ini ditempuh dengan tujuan agar setiap anak dapat belajar dan menghafal Al-Quran sesuai dengan kondisi, karakter, kecenderungan dan typikal gaya belajarnya masing-masing.

Sampai tahun ajaran 2017-2018 sudah diterapkan 9 PLP di bidang Tahfizh, yaitu ; PLP 0 Pra Tahfizh, PLP 1, PLP 2, PLP 3, PLP 4, PLP 5 Inkubasi, PLP 5 Sisus, PLP Bahasa, PLP 6 QCB, dan PLP 911.

QURAN CHARACTER BUILDING

QCB adalah mata pelajaran yang didalamnya terdapat aktivitas hafalan, tadabur serta aktifitas analisatif. pelajaran ini bertujuan menanam ayat-ayat Al-Quran pilihan ke level intelektual dan emosional santri agar menjadi pilar pembentuk kepribadian mereka. Target hafalan QCB adalah hafal surat dan nomor ayat, hafal ayat, hafal terjemah indonesianya, dan memahami tafsir ringkas serta mentadaburi ayat sesuai konteks masa kini, dan mampu menggunakannya pada setiap aspek kehidupan faktual.

QCB lebih dari sekedar mata pelajara biasa, ia adalah treatment psikologis Qurani yang mendalam, meliputi ; instalasi persepsi positif, konstruksi mindset dan behaviour otomation.

TEKNOLOGI INFORMASI

Dunia di masa kini bahkan beberapa abad mendatang, masih bergantung dengan Teknologi Informasi. maka penguasaan skill di bidang TI merupakan tiket untuk memiliki akses dan berkontribusi di nyaris segala bidang. bukan hanya untuk kepentingan duniawi (mandiri secara finansial dengan berbisnis di bidang TI) saja bahkan peluang para santri untuk meningkatkan perannya dalam dunia dakwah juga terbuka lebih luas.

Fahim Quran Plus percaya bahwa generasi muda Islam yang tangguh haruslah seorang yang multitalent. Santri UBK insya Allah akan berhasil menghafal Al-Quran dan menjadi ahli Quran sekaligus mampu menguasai bidang IT untuk bisnis dan dakwah, insya Allah.

KEMANDIRIAN

Kemandirian adalah kemampuan untuk menemukan dan mengembangkan potensi diri untuk merealisasi tujuan besar kehidupan dunia dan akhirat, meliputi 3 aspek kemandirian, yaitu emosi perilaku dan nilai.

Maka disusunlah silabus yang berisi materi praktis dan teoritis untuk mencapai difinisi tentang kemandirian tersebut. Strategi pengajaran bidang kemandirian adalah menyeimbangkan pengetahuan yang bersifat teoritis dengan memberikan pengalaman untuk mempraktekkannya melalui aktivitas bidang Tahfizhul Quran dan pengerjaan project-project bidang IT.

KAJIAN KITAB

Kajian Kitab adalah kajian khas kepesantrenan seperti akidah, akhlak, tajwid, imla & Khot, Fiqh Ibadah, dan Tafsir Doa. Bukan hanya materi teori saja, pesantren dengan interaksi bersama santri yang 24 jam itu memiliki keuntungan dalam waktu, sehingga dapat dilakukan pembiasaan sebagai upaya membentuk habbit. Dengan demikian besar harapan para santri akan mudah masuk dalam wilayah pemaknaan ibadah, sebab ibadah apalagi akidah bukanlah aktivitas gerak dan pengetahuan semata.


KAJIAN BAHASA

Tidak bisa dipungkiri bahasa Arab adalah bahasa Al-Quran. Bahasa Arab adalah bahasa yang terpilih untuk mewakili kalam Allah. Bahasa Arablah yang mampu membawa makna dari ajaran Islam, maka semua kaum muslimin wajib mempelajari bahasa Arab apabila ingin meningkatkan interaksinya dengan Al-Quran.

Bahasa Inggris adalah bahasa yang dipakai dalam dunia IT dan dunia bisnis international, karena santri FQ Plus adalah santri yang ingin memiliki skill IT dan bisnis maka bahasa inggris menjadi wajib dipelajari.